Selasa, 16 Februari 2016

ANATOMI RANCANGAN SURAT PERJANJIAN (KONTRAK) MENURUT PERDATA

SALAM PBJ..

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membicarakan salah satu materi perihal Kontrak, sumber materi didapat sebagian besar dari MATERI AJAR Pak KHALID MUSTAFA,terkait Rancangan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah khususnya mengenai surat perjanjian, yang mana kontrak berawal dari sebuah persetujuan/kesepakatan dari satu orang atau lebih yang mengikatkan diri terhadap satu orang/lebih (pasal 1313 KUHPerdata).
dikarenakan prinsip utamanya adalah persetujuan/kesepakatan, kontrak dijadikan dasar untuk menimbulkan sebuah kewajiban untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
Implementasinya kontrak dapat digunakan untuk berbisnis, dan tentu saja berkaitan dengan Pengadaan Barang/Jasa.

Berikut Perbedaan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa dengan Kontrak Bisnis.


Kontrak adalah hal yang sangat SAKRAL untuk suatu perikatan, khususnya terkait tentang Pengadaan Barang/Jasa Saking SAKRALnya, pada Pasal 1338 KUH Perdata menyatakan bahwa suatu perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai UNDANG-UNDANG bagi mereka yang membuatnya.



Kontrak  dibuat secara sah, tentunya ada syarat sah suatu Kontrak/perjanjian, 

SYARAT SAH SUATU KONTRAK MENURUT PASAL 1320 KUHPerdata:



Kontrak Pengadaan merupakan materi hukum pada KUHPerdata, Oleh Karena itu, semua sengketa yang timbul dari Kontrak Pengadaan harus diselesaikan berdasarkan Kontrak (Hukum Perdata) dan bukan berdasarkan Hukum Pidana.

Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Kontrak berupa perjanjian tertulis, yang mana perjanjian tertulis tsb berupa tanda bukti perjanjian dan diatur pada pasal 55 Perpres 54/2010 dan perubahannya, yang terdiri atas:
a.       bukti pembelian;
b.       kuitansi;
c.        Surat Perintah Kerja (SPK)
d.       surat perjanjian); dan
e.        surat pesanan

Jenis Kontrak Pengadaan Barang/Jasa sendiri bermacam2, meliputi :


Pada tahapan sebelum Kontrak (Pra Kontrak), dikenal istilah yang namanya rancangan kontrak, rancangan kontrak ini merupakan wewenang PPK dalam penetapannya sesuai amanat pada pasal 11 Perpres No 54/2010 dan perubahannya.

Banyak referensi rancangan kontrak yang bisa diperoleh antara lain pada BAB IX, X, XI SBD versi 1,1 yang diterbitkan oleh LKPP, namun sayangnya pada tahap implementasinya, para PPK (tidak semua) hanya sekedar insert file rancangan kontrak dari LKPP tersebut, tanpa menelaah lebih dalam, memilah lebih dalam, padahal aturan mainnya PPK pada saat proses pelaksanaan Kontrak adalah rancangan kontrak yg ditetapkan dan pada proses pemilihan jadi bagian dari BAB IX, X, XI dari dokumen pengadaan.

Untuk Lingkup Pekerjaan Konstruksi terkait Rancangan Kontrak PPK sebelum menetapkan Rancangan Kontrak bisa menjadikan BUKU Permen PU 31/2015 sebagai referensi, karena terdapat kekhasan tersendiri untuk penanganan rancangan kontrak tersebut.
Mari sama2 kita membahas lebih dalam terkait Rancangan Kontrak untuk Pekerjaan Konstruksi.

Kontrak Pengadaan Barang/jasa terbagi dari beberapa bagian, dan memiliki hierarki yang terdiri antara lain:

DOKUMEN KONTRAK

    Dokumen-dokumen berikut merupakan satukesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Kontrak ini:
a.     adendum Surat Perjanjian (apabila ada);
b.     pokok perjanjian;
c.     surat penawaran berikut daftar kuantitas dan harga;
d.     syarat-syarat khusus Kontrak;
e.     syarat-syarat umum Kontrak;
f.        spesifikasi khusus;
g.     spesifikasi umum;
h.     gambar-gambar; dan
i.         dokumen lainnya seperti: jaminan-jaminan, SPPBJ, BAHP, BAPP.

Secara STRUKTUR SURAT PERJANJIAN terdiri dari beberapa bagian, antara lain:
  1. BAGIAN PENDAHULUAN
  2. BAGIAN ISI
  3. BAGIAN PENUTUP
Mari kita ulas lebih dalam mengenai Surat Perjanjian khususnya terkait dengan syarat sah suatu perjanjian menurut pasal 1320 KUHPerdata.

  1. BAGIAN PENDAHULUAN:

BERIKUT GAMBAR BAGIAN PENDAHULUAN DARI RANCANGAN KONTRAK SBD LKPP VERSI 1,1

 


KALAU DIPENGGAL PADA BAGIAN PEMBUKA INI, MENJADI BEBERAPA SUB BAGIAN



klausul subbagian pembuka ini menunjukkan isu hukum yang penting seperti penggunaan singkatan pengenal dokumen pada kalimat (selanjutnya disebut “Kontrak”), tempat penandatanganan dan waktu penandatanganan.

Terkait dengan syarat sah sah suatu perjanjian sesuai pasal 1320 KUHPerdata, ketiadaan penggunaan singkatan pengenal dokumen kalimat (selanjutnya disebut “Kontrak”) memang tidak berdampak pada sah/tidaknya atas kontrak tersebut, namun pencantuman tempat penandatanganan dan waktu penandatanganan memiliki implikasi hukum bahwa keberlakuan kontrak tersebut sejak kontrak disepakati/ditandatangani pada tempat tersebut, pada ruang lingkup waktu yang disepakati sesuai jangka waktu klausul pelaksanaan waktu kontrak, termasuk penambahan klausul Nomor penyedia selain nomor K/L/D/I untuk penomoran kontrak, hal ini berkaitan dengan salah satu poin pada pasal 1320 KUHPerdata yang menunjukkan kecakapan dalam berkontrak.

Sehingga subbagian ini perlu dituangkan secara jelas, bahkan penulisan [tanggal, bulan dan tahun diisi dengan huruf]  dibuatnya penandatangan dituangkan dalam huruf untuk menghindari kesalahan.

Pada rancangan surat perjanjian yang dituangkan dalam SBD Permen PU malah lebih detail lagi, dapat dilihat pada pict dibawah ini

 

Yang mana pada sub bagian ini, menerangkan unsur adanya sebab yang halal (Geoorloofde Oorzaak), dalam hal ini sebab yang halal dituangkan dalam bentuk:

a.         Surat Penetapan Pemenang No.…… tanggal ……. Sebagai output dari hasil proses pemilihan.

b.    Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa (SPPBJ) No ……. tanggal …….,sebagai output dari perstujuan PPK akan hasil pemilihan dengan mengeluarkan SPPBJ.

c.      Surat Menteri Keuangan (bersumber dari APBN ) Nomor: ....., tanggal:....., perihal: .....”terkait penggunaan Kontrak Tahun Jamak (Sumber Dana APBN.

d.        Surat Persetujuan pelaksanaan kontrak tahun jamak dari Kepala Daerah (yang bersumber dari APBD) Nomor: ....., tanggal:....., perihal: .....”]  terkait penggunaan Kontrak Tahun Jamak (Sumber Dana APBD)

BERIKUT GAMBAR BAGIAN PENDAHULUAN DARI RANCANGAN KONTRAK SBD LKPP VERSI 1,1 PERIHAL IDENTITAS PARA PIHAK


Sub bagian Identitas ini memiliki implikasi hukum yang penting sesuai pasal 1320 KUHPerdata terkait kecakapan (kapasitas) para pihak untuk melaksanakan kontrak, selain itu klausul ini menjelaskan para pihak yang berhak untuk menandatangani kontrak, Ketiadaan klausul sub bagian pencantuman identitas dapat menyebabkan tidak sahnya suatu perjanjian.

Perumusan klausul sub bagian pencantuman identitas yang tidak jelas dan tidak tegas seperti tidak adanya kapasitas dan jabatan orang yang mewakili Para pihak atau pun tidak menyebutkan landasan hukum pendirian badan hukum Penyedia atau pun tidak adanya SK Penetapan PPK dapat menyebabkan tidak sahnya suatu perjanjian karena tidak terpenuhinya syarat kapasitas (kecakapan) para pihak untuk mengikatkan diri pada Perjanjian.

Pada Prakteknya tentu saja PPK harus memilah Sub unsur Identitas mana yang akan dituangkan menjadi rancangan kontrak, contoh pada rancangan Kontrak SBD Permen PUPR sudah memilah menjadi 2 jenis Rancangan Surat Perjanjian



Cukup berbeda antara rancangan surat perjanjian dengan yang dilampirkan pada SBD LKPP dengan SBD Permen PU 31/2015, yaitu Penambahan Kalimat:

Kumpulan regulasi diatas Menerangkan unsur adanya sebab yang halal (Geoorloofde Oorzaak), Selain itu unsur sebab yang halal sesuai KUHPerdata juga diterangkan secara ringkas pada kalimat dibawah ini



Yang mana pada bagian ini menjelaskan bahwa telah dilakukan proses pemilihan penyedia sesuai dengan Dokumen Pemilihan, dengan output diperolehnya penyedia yang HALAL sesuai dengan tahapan proses pemilihan yang diatur oleh Perpres 54/2010 dan perubahannya, dan setelah proses pemilihan penyedia sebagai output dari persetujuan PPK akan hasil pemilihan dengan mengeluarkan SPPBJ.
Klausul pada bagian ini juga memiliki isu hukum penting seperti kesepakatan para pihak dan kapasitas (kecakapan) para pihak untuk mengikatkan diri pada Perjanjian.

B.   BAGIAN ISI


Peristilahan dan ungkapan memiliki isu hukum penting terkait pengertian yang akan digunakan dalam pengaturan dan pelaksanaanKontrak.
Perumusan klausul definisi, peristilahan dan ungkapan dapat berimplikasi hukum atas ruang lingkup kontrak khususnya hak, kewajiban, waktu dan kegiatan pengadaan barang/jasa, oleh karena itu harus dirumuskan dengan merujuk Peraturan Presiden No.54 Tahun 2010 dan peraturan perundang undangan yang berlaku. Perumusan Klausul definisi harus cermat dan jelas.


Terkait dengan syarat sah sah suatu perjanjian sesuai pasal 1320 KUHPerdata, klausul nilai kontrak berdampak pada sah/tidaknya atas kontrak tersebut,  karena dapat menyebabkan ketidak jelasan syarat sah mengenai “suatu hal/objek tertentu”.
Klausul nilai kontrak harus dirumuskan dengan angka dan huruf secara jelas, lengkap dan akurat.


Klausul satu-kesatuan dokumen memiliki isu hukum penting terkait keberlakuan semua dokumen Kontrak.
Ketiadaan Klausul satu-kesatuan dokumen menyebabkan salah satu atau beberapa dokumen selain surat perjanjian tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat. Keberlakukan dan kekuatan hukum yang mengikat keseluruhan dokumen Kontrak sangat penting karena Pengadaan Barang/Jasa setelah penandatanganan diatur penuh oleh Dokumen Kontrak. Oleh karena itu Perumusan Klausul satu-kesatuan dokumen harus dirumuskan secara lengkap dengan menyebutkan seluruh nama/judul dokumen terkait dengan jelas.


Para pihak wajib melaksanakan seluruh kewajiban yang diatur dalam dokumen Kontrak.
Para pihak berhak mendapatkan hak yang diatur dalam dokumen Kontrak.
Tertundanya atau tidak dilaksanakannya klausul hak dan kewajiban memiliki implikasi hukum pembayaran gant irugi,kompensasi dan/atau pemutusanKontrak.
Pelaksanaan Klausul Hak dan Kewajiban sebaiknya disertai bukti pendukung antara lain bukti pembayaran,berita acara dan tanda terima.



Klausul Mulai Berlakunya Perjanjian memiliki implikasi hukum dimulainya hubungan hukum secara kontraktual antara para pihak dan mulai berlakunya semua ketentuan dalam dokumen Kontrak.
Agak berbeda dengan klausul masa kontrak pada rancangan kontrak  SBD LKPP, pada rancangan kontrak SBD Permen PU, yaitu selain menguraikan masa kontrak juga menguraikan masa pelaksanaan kontrak dan masa pemeliharaan.


C. BAGIAN PENUTUP




Klausul Penutup seperti Ruang Penempatan Tanda Tangan memiliki isu hukum kesepakatan para pihak,keberlakuan dan mulai berlakunya Kontrak,dan kapasitas(kecakapan)para pihak untuk mengikatkan diri pada Perjanjian.
Terkait para pihak yang berhak untuk menandatangani kontrak atas nama penyedia diatur pada pasal 86 ayat 5 dan 6 Perpres 54/2010 dan perubahannya.



Ketiadaan Tanda Tangan memiliki implikasi hukum tidak sahnya Kontrak, Karena sesuai pasal 1320 KUHPerdata merupakan poin kesepakatan untuk mengikatkan dirinya dalam suaru perikatan.

Penempatan tanda tangan orang atau pihak yang tidak memiliki kapasitas (kecakapan) untuk mengikatkan diri pada Perjanjian dapat menyebabkan tidak sahnya Kontrak.

Penggunaan dan ketentuan tata cara Materai agar mengacu peraturan perundang-undangan, dalam hal ini diatur melalui Undang-Undang No 13/1985 tentang Bea Materai, 




Ketentuan tata  cara meterai, yang terdiri atas ketentuan lokasi perekatan, tandatangan yang melintasi meterai dan pencantuman tanggal, bulan, dan tahun pada meterai diatur pada Pasal 6 ayat (1) hingga (8) Undang-Undang No 13/1985 tentang Bea Materai.


Oleh karena itu bagian Ruang Penempatan Tanda Tangan harus mencakup Nama Para Pihak, nama pihak yang mewakili sesuai dengan kartu identitas, jabatan serta dibubuhi materai.
dokumen  yang tidak dibubuhi materai memang bukan merupakan syarat sah sebuah dokumen namun pembubuhan materai merupakan bukti pembayaran pajak sesuai amanat pasal 1 Undang-Undang No 13/1985 tentang Bea Materai.


Demikian pembahasan mengenai Anatomi Rancangan Surat Perjanjian untuk Pekerjaan Konstruksi yang merupakan bagian dari salah satu Rancangan Khontrak yang akan ditetapkan oleh PPK. dikesempatan selanjutnya akan dibahas lebih Lanjut mengenai bagian Rancangan Kontrak yang lain yaitu SSUK dan SSKK.

1 komentar:

  1. Terima kasih banyak, sangat membantu sekali dalam
    menyelesaikan tugas kuliah saya mengenai surat perjanjian. Sukses selalu

    BalasHapus